Es Selendang Mayang, Minuman Manis Nan Lezat

0
155

Betawi punya ragam minuman yang menyegarkan, termasuk es selendang mayang. Warnanya cantik dengan tampilan yang berwarna putih, merah, dan hijau. Selendang mayang mirip agar-agar, tetapi lebih kenyal dan lembut. Dipadukan dengan sirup dan es, makin nikmat rasanya di tenggorokan.

“Dinamai selendang mayang barangkali karena penampilannya yang cantik,” ujar Bang Hafidh, penjual es selandang mayang di Setu Babakan, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Ya, penampilannya memang menggoda selera. Rasanya pun menyegarkan. Saat saya menemuinya, tangan Bang Hafidh bergerak cepat mengiris potongan tepung hunkwe dan tapioka yang dicetak dalam loyang besar seperti tampah.

Bang Hafidh, penjual es selendang mayang di Setu Babakan, mengatakan sebenarnya cara membuat minuman yang tergolong jadul ini tidak sulit.

Untuk bahannya terdiri atas tepung tapioka atau hunkwe, tepung beras, garam, daun pandan suji untuk memberi warna alami hijau, gula merah dan air.

Untuk siraman dan lumuran sirupnya, bisa Anda kreasikan sendiri dengan kinca, santan atau sirup Marjan.

Semua bahan-bahan yang ada dicampur dan diaduk sampai tepung larut. Sambil terus diaduk sampai adonan menggumpal dan matang, taburi pandan yang telah diiris dan telah diberi pewarna makanan.

Adonan diangkat lalu dituang dalam wadah dan didinginkan. Setelah dingin, selendang mayang bisa dipotong kecil-kecil sesuai selera, taruh di dalam gelas, atau mangkuk kecil. Siramilah dengan santan, kinca, sirup, es batu atau es serutan. Es selendang mayang pun siap disajikan sebagai pelepas dahaga.

Kalau Anda segan membuatnya, tentu bisa membelinya. Untuk satu porsi es selendang mayang, Bang Hafidh menjualnya Rp 10.000 rupiah.

Kirim Tanggapan