Bagaimana Cara Membuat Tulisan Viral di Media Sosial

Ini adalah cara mudah perihal membuat tulisanmu viral di media sosial

0
248
Salah satu jenis media online.

Ya, tulisan ini rasanya clickbait banget. Setiap orang yang berkecimpung di bidang media, baik sebagai content writer, reporter, maupun editor zaman sekarang, tentu sangat mendambakan tulisannya viral atau dibaca oleh orang banyak. Internet telah mengubah banyak hal cara orang mengkomsumsi dan akhirnya memproduksi berita. Di tengah kecaman perihal kualitas media daring yang dituduh semakin memburuk dan merusak bahasa, ada baiknya pedoman menulis di media daring ini dipraktikkan.

Sebelumnya, apa sih media sosial?

Media sosial (social media) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan (networking).

Jika kita mencari definisi media sosial di mesin pencari Google, dengan mengetikkan kata kunci “social media meaning“, maka Google menampilkan pengertian media sosial sebagai “websites and applications used for social networking“, yang artinya website dan aplikasi yang digunakan untuk jejaring sosial.

Menurut Wikipedia, media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya (users) bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content” (Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein [2010] “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media“. Business Horizons 53(1): 59–68).

Nah, sekarang, inilah tips cara membuat tulisan viral di media sosial. Ada beberapa cara yang bisa kamu praktikkan.

  1. Ketahui Siapa Sasaran atau Audience Anda

Mengetahui target yang dituju selalu sangat penting. Dalam ilmu marketing, memahami target adalah 50 persen menuju keberhasilan. Jika kebanyakan pembaca blog-mu berusia muda, tentu bagus jika memahami tren yang populer di antara mereka. Dengan cara itu, kamu bisa membangun kedekatan dengan pembaca.

2. Judul Harus Mengundang

Apa sih maksudnya judul yang mengundang? Judul yang mengundang itu bisa macam-macam, mulai dari menggunakan angka atau juga menggunakan kata kunci (keyword) yang sekarang lagi jadi tren di media sosial. Bahkan, cara yang sering digunakan sekarang adalah menggunakan tanda tanya di judul. Ada kepercayaan bahwa kata tanda tanya itu membuat orang merasa ingin tahu, apa maksud dari tulisan itu.

Tips lain adalah mengundang emosi pembaca dengan judul yang menarik emosi itu. Meski demikian, judul itu harus menyatakan kebenaran. Misalnya saja dengan “Artis A Kepergok Tengah Ciuman dengan Laki-Laki Ini, padahal Dia Sudah Bersuami”.

Cara lain adalah memberi judul yang mengejutkan. Maksudnya sih benar-benar beri kata “Kejutan” atau “Shocking” di judul. Misalnya: “Mengejutkan, Chelsea Olivia Tulis soal Perpisahan, Dikomentari Glen Alinski.”

Meski demikian, menggunakan kata “mengejutkan” sekarang ini dianggap clickbait dan dilarang oleh social media.

Itu hanya sebagian dari beberapa cara membuat tulisan viral dari sisi judul. Dan, pilihan judul di atas itu sebenarnya sangat click bait sih, jadi hati-hati mempertimbangkan judul ya!

 3.  Konten yang Bagus

Cara membuat tulisan viral berikutnya adalah dengan membuat tulisan yang isinya memang bagus. Konten yang bagus ini sudah sering disebut-sebut sejak dulu dengan istilah: Content is the king.

Bagaimana tahu konten itu bagus atau tidak? Nah, dalam hal ini kamu harus rajin-rajin membaca dan memantau isu. Ada baiknya paham isu dengan memantau Google Trends atau berita yang sedang trending di Twitter. Dari situ, kombinasikan isu-isu dengan pengetahuan dan data tambahan. Jangan lupa, perkaya artikel dengan diksi atau kalimat yang bagus.

Ada pameo yang dipercaya, membaca buku bagus akan membuat kita terlatih membuat kalimat yang bagus.  Selain itu, dalam membuat konten yang bagus tentunya harus memperhatikan juga kesesuaian judul dan isi. Tak usah pusing memikirkan panjang pendeknya tulisan. Selama tulisan itu baik dan bermanfaat, pasti akan di-share. 

4. Beri Konten Non-Tulisan

Jika kita perhatian, banyak media daring mainstream yang kini lebih memperkaya tampilan visualnya dengan foto dan video yang bagus dan eye catchy. Sekarang ini memang sudah zamannya visual. Jadi, jangan hanya memberikan tulisan agar masuk halaman satu Google dengan memasukkan keyword banyak-banyak tapi kemudian melupakan gambar atau visual lainnya seperti video, infografis dan lainnya. 

Konten non-tulisan ini bisa menjadi cara membuat tulisan viral ala blogger melalui media nontulisan, seperti Pintrest, Instagram. Kedua platform sosial media ini menekankan fungsi visual daripada tulisan. Inilah yang kita manfaatkan. 

Jangan lupa, masukkan caption yang sesuai SEO ya, agar tulisan kamu bisa trending terus-menerus ketika orang mencarinya melalui cara organik (pencarian melalui mesin Google).

Nah, selamat mencoba ya. Semoga tips yang saya berikan ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mulai belajar menulis!

Kirim Tanggapan